Update Informasi Terbaru | 2020

Selasa, 01 September 2020

8 Cara Efektif Mengatasi Hidung Bayi yang Mampet

September 01, 2020 , Berkomentar
8 Cara Efektif Mengatasi Hidung Bayi yang Mampet

Hidung mampet pada bayi biasa disebabkan karena pilek. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan bayi saat beraktivitas. Flu atau pilek pada bayi memang sering terjadi di masa-masa awal usianya, dikarenakan sistem daya tahan pada tubuh yang belum sempurna.

Hidung bayi yang mampet ditandai dengan mulut yang terus terbuka ketika diam. Pada saat itu bayi sedang merubah aliran udara pernapasannya melalui mulut, karena hidungnya tersumbat. Keadaan ini tentu sangat menyedihkan bagi orang tua. Berikut 8 cara mengatasi hidung bayi mampet. 

8 Cara Efektif Mengatasi Hidung Bayi Mampet

1. Oleskan minyak telon 

Minyak telon yang bisa mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah Sleek Baby Telon Oil. Minyak ini memiliki kandungan 2 kali minyak telon pada umumnya, serta efektif dalam melancarkan pernapasan. Di samping itu, bisa menghangatkan tubuh bayi dan menghilangkan kembung di perut. Olesan di perut bayi juga mampu melumerkan sumbatan lendir di hidung.

2. Mandikan menggunakan air hangat

Air hangat yang digunakan untuk mandi bisa membantu bayi terhindar dari hidung tersumbat. Lendir yang ada di hidung otomatis akan semakin encer dan mudah untuk keluar. Waktu yang diperlukan untuk merendam bayi kurang lebih 3 menit. Kehangatan yang ditimbulkan bisa membuat bayi nyaman dan tidur nyenyak.

3. Sedot ingus dengan alat khusus

Jika bayi sudah menginjak usia kurang lebih 7 bulan, orang tua bisa menyedot ingus dengan alat khusus. Bentuk alat ini seperti pipet. Cara kerjanya dengan memencet bagian karet yang menggelembung, lalu masukkan pipet ke hidung bayi diikuti dengan melepaskan bagian yang dipencet tadi. Ingus sedikit demi sedikit akan tersedot ke dalam pipet.  

4. Cukupi kebutuhan cairan bayi 

Untuk mengatasi hidung bayi mampet bisa dilakukan dengan memberikan ASI maupun susu formula secara rutin. Asupan cairan yang terpenuhi dengan baik akan mendukung penyembuhan flu pada bayi. Susu atau cairan untuk bayi alangkah baiknya diberikan dalam keadaan hangat.

5. Jemur di sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi sekitar jam 9 sampai jam 10 pagi sangat baik untuk kesehatan. Bayi sangat baik dijemur sekitar 10 menit di waktu-waktu tersebut. Kandungan vitamin D  membuat kulit semakin sehat. Di sisi lain, jika bayi dihadapkan bagian wajah dan badannya di sinar matahari akan membuat sistem kekebalan tubuhnya meningkat.

6. Mengubah posisi berbaring

Saat tidur atau memberikan ASI pada bayi, usahakan kepala bayi lebih tinggi daripada badan. Posisi ini memudahkan bayi menghirup udara serta mengencerkan lendir. 

7. Melakukan pemijatan secara teratur

Pemijatan bisa dilakukan di sekitar tubuh bayi. Hasil yang maksimal bisa diperoleh dengan menggunakan Sleek baby produk Telon Oil. Segala macam gejala flu seperti demam dan pusing pada bayi bisa teratasi. Minyak anisi yang terkandung di dalamnya sangat efektif mencegah penyakit-penyakit yang mungkin diderita bayi.

8. Menggunakan obat pengencer ingus

Ada beberapa obat pengencer ingus yang aman untuk bayi, diantaranya obat semprot. Caranya dengan membaringkan bayi lalu didongakkan kepalanya perlahan, kemudian diteteskan 2-3 kali ke hidung. 

Itu tadi 8 cara efektif mengatasi hidung bayi mampet. Semua cara yang diberikan sangat mudah dilakukan orang tua pada bayinya. Semakin cepat tertangani, semakin cepat pula bayi merasakan nyaman dalam beraktivitas apapun. 

Orang tua tidak akan cemas dan khawatir dengan kondisi bayi yang sulit bernapas karena hidung tersumbat. Produk minyak telon dari Sleek Baby bisa menjadi teman yang bisa diandalkan oleh orang tua.

0 komentar:

Posting Komentar