Update Informasi Terbaru | 2020

Rabu, 09 September 2020

Wajib Tahu, Beberapa Prinsip Asuransi Syariah Berikut Ini!

September 09, 2020 , Berkomentar
Wajib Tahu, Beberapa Prinsip Asuransi Syariah Berikut Ini!

Belakangan ini, pengguna asuransi mengalami peningkatan. Ini menunjukkan jika sudah banyak orang menyadari betapa pentingnya perlindungan dari berbagai risiko di kehidupan. Karena itulah kini bermunculan perusahaan asuransi yang berupaya keras untuk dapat memenuhi segala permintaan di semua segmen kehidupan masyarakat yang membutuhkan layanan. Salah satu contohnya dengan mengeluarkan asuransi berbasis syariah. So, untuk Anda sedang mencari perusahaan asuransi syariah terbaik di Indonesia, maka Allianz merupakan pilihan yang tepat. 

Namun, sebelum berencana mendaftar asuransi syariah ini, ketahui terlebih dahulu beberapa prinsip-prinsip yang diterapkan pada asuransi satu ini, di antaranya: 

1. Prinsip Keadilan

Salah satu prinsip yang diterapkan adalah keadilan. Maksudnya, nasabah serta perusahaan asuransi bersikap dengan sangat adil satu sama lain terkait dengan hak dan kewajiban. Maka dari itu, tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan ataupun terzalimi dari penggunaan produk asuransi satu ini. 

2. Prinsip Tauhid

Prinsip dasar dari asuransi syariah adalah Tauhid. Di mana, pada prinsip ini nasabah tak hanya  meraih keuntungan saja tapi juga untuk ikut dalam menerapkan prinsip syariah yang diterapkan asuransi. (source: cermati.com)

3. Prinsip kerja sama

Asuransi syariah menjalankan prinsip kerja sama antara perusahaan asuransi dan nasabah asuransi. Kerja sama tersebut dilakukan sesuai dengan perjanjian atau akad yang sudah disepakati dari awal oleh kedua pihak. Maka dari itu, dua-duanya bisa menjalankan hak serta kewajiban dengan seimbang. 

4. Prinsip menghindari Riba

Prinsip lainnya yang ada dalam konsep asuransi syariah adalah menghindari Riba. Di mana, semua premi atau dana yang dibayarkan oleh nasabah asuransi wajib diinvestasikan ke berbagai bidang bisnis dengan tetap berlandaskan pada prinsip syariah. 

5. Prinsip Amanah

Dalam mengelola dana nasabah, perusahaan asuransi syariah menggunakan prinsip Amanah. Di mana, dalam prinsip ini nasabah harus bersikap jujur saat mengajukan klaim. Begitu pula dengan perusahaan asuransi yang tidak boleh semena-mena ketika mengambil keputusan. 

Itulah beberapa prinsip yang biasanya diterapkan dalam asuransi syariah. So, mau hidup lebih aman, segera daftar asuransi syariah yang dijalankan sesuai dengan syariat Islam!

0 komentar:

Posting Komentar